gbr

Jumat, 13 Mei 2016

On 18.16 by Aceh Tenggara in    No comments
Badar, Aceh Tenggara (WEB-Agara) : Bakal dikucurkannya dana desa tahun anggaran 2016 ini, Wakil Bupati Aceh Tenggara, H Ali Basrah, mengadakan silahturahmi bersama ribuan perangkat desa, mulai dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Ketua BPK se-Kabupaten Aceh Tenggara.
             
Acara yang difasilitasi oleh Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Aceh Tenggara (APDESI-Agara), bertujuan guna membahas langkah dan berbagai keluhan dari para perangkat desa dalam mengelola dana desa tersebut, yang bertempat di Aula Bk-pluh Agara, Kecamatan Badar, Aceh Tenggara, pada Rabu (11/5).
            
Wakil Bupati Aceh Tenggara, H Ali Basrah, dalam arahannya, mengatakan “ bahwa silahturahmi ini bertujuan agar menyimpulkan sebuah komitmen dalam upaya kita mengelola dana desa sesuai dengan aturan yang berlaku, ujarnya.
            
Di samping itu, sejak dikucurkannya dana desa pada 2015 lalu, yang bagi daerah ini merupakan hal yang pertama sekali, jelas berbagai kekurangan sangat kita rasakan dalam hal kita mengakomodir keinginan masayarakat agar pengelolaan dana desa itu bisa tepat guna dan tepat sasaran.
             
Namun demikian, berkat keinginan kuat dari semua unsur perangkat desa dan dibantu oleh masyarakat perjalanan dana desa di tahun 2015 lalu cukup sangat berarti, bisa dibuktikan dana desa mampu kita kelola tanpa ada kendala yang berarti, ini dibuktikan hingga berakhirnya masa anggaran dana desa tahun lalu hanya satu desa yang bermasalah dengan SPJ-nya, soal realisasinya alhamdulillah hampir seratus persen tuntas.
             
Untuk itu, dana desa tahun 2016 ini diharapkan agar pengelolaannya lebih baik lagi, diminta semua pihak yang terlibat di dalamnya bisa menjalankan sesuai dengan tupoksi (tugas, pokok dan fungsinya), jangan ada yang melebihi dari wewenangnya, tandas Ali Basrah.
            
Dicontohkannya, seperti tugas dari Para Pendamping Desa, jangan ada yang berlebihan, ditengarai jelas tugas pendamping desa adalah bertujuan mendampingi para Kepala Desa dalam mengelolanya, bukan sebaliknya malah dia pula yang berperan aktif mengambil wewenang Kepala Desa.
            
Sebab, apapun ceritanya sesuai aturan, tetap Kepala Desa adalah Pengguna Anggara dari dana desa tersebut, bukan para pendamping desa itu, dihimbau juga kepada para perangkat desa lainnya, agar lebih memahami tugasnya.
             
Maka dari itu, dalam kesempatan silah turahmi, tujuan lainnya, adalah untuk menampung segala keluhan para Kepala Desa dalam mengelola dana desa tahun 2016 ini, saya harapkan sebelum dikucurkannya dana desa tersebut, para Kepala Desa tidak ada lagi keluhan karena dalam forum ini sudah ada solusi dan rumusan yang benar, harap Ali Basrah.(WA-03).

Teks Foto :
  1. Foto saat Wakil Bupati Aceh Tenggara, H Ali Basrah, (Tengah) yang diapit oleh Ketua APDESI Agara, Nawi Sekedang, SE, (kanan), dan Kepala BPM Agara, Amri Siregar, Ssos, dalam acara silahturahmi bersama para perangkat desa Se-Agara, foto dok by Riki Kutacane.

0 komentar: