gbr

Senin, 02 Mei 2016

On 11.03 by Aceh Tenggara   No comments
Desa Prapat Hulu, Babussalam, (WEB-Agara) : Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Tenggara, pada Jum’at (29/4), mensosialisasikan pengoperasian unit instalasi pengolahan limba tinja, yang berada di Desa Lawe Serke, Kecamatan Simapang Semadam, Aceh Tenggara.

Mulai awal bulan Mei Tahun 2016 mendatang, Gedung Unit Instalasi Pengolahan Limbah Tinja, (IPLT) Kutacane.Pasalnya, semua sarana serta alat pendukung hingga mobil pengangkut dan penyedot tinja sejak awal April lalu telah standby untuk beroperasi, demikian dilaporkan Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Tenggara (BLHK-Agara), Drs Jamanddin Selian, MAP, ketika membuka acara sosialisasi Unit IPLT ini.

Pantauan WEB-Agara, acara ini dihadiri seluruh Kepala Desa dan Perangkatnya dari Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara, dan sebagai narasumbernya perwakilan dari Bepedalda Aceh, serta berbagai unsur dari kalangan masyarakat Kutacane.

Mantan Kabag Kesra Setdakab Kutacane ini, bahwa sebenarnya acara serupa juga telah kita gelar saat akan dimulainya pembangunan Unit IPLT ini persisnya setahun yang lalu, dan ini kembali sengaja kita gelar saat akan kita operasional, sebut Jamanuddin.

Memang kita akui kendati Pemkab Agara belum memplot anggaran operasional IPLT ini, karena memang kita operasional di pertengahan tahun anggaran berjalan, tapi dapat kita pastikan tahun depan 2017 kita akan ajukan dana operasional IPLT ini, timpalnya.

Seperti diketahui berbagai failitas penting di Unit IPLT ini semuanya butuh biaya pemeliharaan, seperti pemeliharaan Kolam Stabiliasasi, hingga sistem pengairan yang memakai sistem gravitasi juga tidak terlepas dari pemeliharaan berkala, begitu juga dengan mobil operasional IPLT ini.

Hal senada juga diutarakan salah seorang Perwakilan Bapedalda Aceh, Elsa, dalam arahannya menyebutkan “Sebenarnya banyak potensi yang bisa kita gali, artinya dari asil olahan Limbah Tinja banyak sekali manfaatnya.

Dicontohkannya, setelah limba tinja ini kita sedot dari sepsiteng masyarakat Kutacane, di Unit IPLT ini terlebih dahulu kita endapkan di sejumlah kolam stabilisasi IPLT ini yang memiliki daya tampung hingga 400 000 M3 selama beberapa hari sebelum mereka kita giring ke dan uraikan berbagai olahan seperti menjadi pupuk, dan gas misalnya, sebut Elsa.(WA-03)

Teks Foto :
1. Foto saat Asisten III Setdakab Agara, Sahidal Kastri,(paling kirli) menyampaikan sambutan pada acara sosialisasi operasional IPLT Kutacane, (ditengah) Kepala BLHK Agara, Drs Jamanuddin Selian, MAP, (paling kanan) perwakilan Bapedalda Aceh, Elsa, foto dok by Riki Hamdani.
Reaksi:

0 komentar: