gbr

Senin, 02 Mei 2016

On 11.07 by Aceh Tenggara   No comments
Desa Lawe Bekung, Badar (WEB-Agara) : Asisten III Setdakab Agara, Sahidal Kastri, yang mewakili Bupati Agara, dalam sambutannya mengutarakan “banyak potensi zis yang belum tergali bahkan tersentuh sama sekali oleh pihak Baitul Mal Agara, untuk itu Pemkab Agara melalui Baitul Mal ini sudah bertekad akan mencoba program ini.

Yang harus kami akui besar sekali tantangan dalam implementasinya, dicontohkannya seperti kita coba gali potensi zis dari pihak kontraktor, lalu potensi zakat dari para petani, peternak, hingga ke pengusaha dan pedagang, jika ini bisa kita jalankan praktis potensi zakat tidak saja kita harapkan dari gaji PNS yang selama kurun waktu lima terakhir rutin kita himpun, ujarnya.

Hal ini disampaikan Sahidal Kastri, pada Jum’at (29/4), saat digelarnya sosialisasi oleh Baitul Mal Kutacane dengan thema “diharapkan berbagai sumber yang dapat dijadikan sebagai potensi zakat, infaq, dan sedekah, bertempat di Aula Kantor penyuluhan Kutacane.

Pantaun WEB-Agara, acara tersebut dihadiri ratusan masyarakat Kutacane, dari berbagai profesi, pedagang, petani, hingga kontraktor, di lain sisi dilaporkan Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Tenggara, Rabumer, SE, menyatakan “persisnya yang hadir ada 300 orang”.

Dia menambahkan untuk menggali potensi zakat, infaq dan sedekah ini didasari dari Qanun Aceh N0 10 Tahun 2007 tentang Baitul Mal serta Pergub N0 60 Tahun 2008 tentang mekanisme pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah serta diperkuat dengan Ingub dan Perbup Aceh Tenggara.

Soal hisab dan kalkulasi zakat ini tentunya berbeda, untuk itu ke depannya ini merupakan program kita juga guna membuat buku panduan baku tentang besaran zakat, infaq dan sedekah bagi mereka, yang Insya Allah nantinya para Muzakkih tidak lagi susah dan bingung.

Sementara terpisah Musa As’ari, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Baitul Mal Agara kepada WEB-Agara, juga menambahkan, “sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, apalagi ini terkait menggali sumber zakat yang perannya begitu besar guna mensejaterahkan umat.

Bila perlu, ke depannya dan ini sudah saya tuangkan pada Rapat Kerja Pengurus Baru Baitul Mal belum lama ini, selain potensi zakat ini kita gali dari sejumlah unsur profesi dari masyarakat kita, lintas sektor organisasi dan instansi vertikal pun akan kita coba gali, pungkas Pensiunan PNS ini yang jabatan terakhirnya Asisten I Setdakab Kutacane.(WA-03)

Teks Foto :
1. Foto insert ketika acara sosialisasi penggalian potensi zakat, infaq, dan sedekah, yang dihadiri sesuai undangan 300 peserta dari berbagai unsur profesi masyarakat, foto dok by Riki Hamdani.
Reaksi:

0 komentar: