gbr

Jumat, 06 Mei 2016

On 08.36 by Aceh Tenggara in    No comments
Kutacane(Website - Agara), Terkait masalah bencana ada tiga tahapan yang harus kita lakukan, pertama yaitu persiapan pra bencana, kedua masa tanggap darurat dan ketiga pasca bencana.
Demikian Hal itu disampaikan Wakil Bupati Aceh Tenggara H.Ali Basrah S.Pd MM, pada acara apel siaga darurat bencana tahun 2016, yang di gelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara, di Lapangan Jend Ahmad Yani Kutacane, Selasa(3/5).
Dikatakan, untuk persiapan pra bencana, sebelum bencana itu terjadi secara umum ada beberapa hal yang harus kita cermati, diantaranya adalah situasi dan kondisi alam kita, karena pada umumnya bencana yang terjadi di kabupaten Aceh Tenggara ini, adalah akibat curah hujan yang sangat tinggi, mendatangkan banjir sungai bahkan banjir bandang ungkap Ali Basrah.
Dan yang perlu kita antisipasi adalah, kapan bencana itu akan datang dan dimana tempat terjadinya serta dimana titik rawan bencana itu sering terjadi. Selanjutnya ketika cuaca extrim, musim kemarau ataupun panas berlangsung sangat mudah terjadi bencana kebakaran, terutama dikawasan hutan kita, apakah itu hutan lindung maupun itu hutan taman nasional gunung leuser sebut Ali Basrah.
Kemudian masa tanggap darurat, diperlukan kecepatan kita untuk membantu warga dan saudara kita yang terkena bencana tersebut, ketika sebelum terjadi curah hujan yang tinggi, perlu diadakan pelatihan pelatihan bagi personil untuk menyikapi sebelum bencana itu terjadi, sehingga masa tanggap darurat itu bisa kita tanggapi dengan cepat dan tepat jelas Wakil Bupati Ali Basrah.
Kepada Camat dan Kepala Desa Wakil bupati juga berharap, bagi yang wilayahnya setiap tahun terjadi bencana, apakah banjir sungai maupun banjir bandang, untuk selalu melakukan antisipasi dengan kegiatan kegiatan koordinasi dengan instansi terkait, terutama adalah BPBD Kabupaten Aceh Tenggara, kemudian menyampaikan informasi dan sosialisasi kepada warga masyarakatnya, ketika datang bencana itu apa yang kita lakukan tandas Wakil Bupati yang bertindak selaku Pembina upacara pada apel tersebut.
Kemudian untuk pasca bencana, ketika melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap korban bencana, tentu ini sudah melibatkan berbagai macam instansi pemerintah, baik tingkat kabupaten, propinsi dan tingkat pusat, bagaimana kita secara cepat dan tepat melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, yang dapat mengatasi dan dapat menyelesaikan masalah rehabilitasi  dan rekonstruksi itu pungkas Wakil Bupati Ali Basrah S.Pd MM.
Pada acara apel siaga darurat bencanahadir, Dandim 0108 Agara, Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri Kutacane, Wakil Ketua MPU, Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan SKPK, para Camat, para peserta Apel Siaga Darurat bencana yang terdiri dari, personil TNI dan Polri, personil BPBD, ratusan kepala desa, pers dan sejumlah undangan lainnya.
Seusai acara apel darurat bencana, juga ditampilkan simulasi penyelamatan terhadap korban bencana banjir, dan juga di perlihatkan bagaimana cara memadamkan api yang menjulang tinggi dalam sebuah drum, dengan menggunakan goni yang sudah dibasahkan, serta juga di praktekkan bagaimana cara memadamkan api kompor gas yang sedang menyala dengan cara menutup selang(saluran) api ditabung gas dengan menggunakan jari tangan kosong saja.
Kemudian selanjutnya, Wakil bupati beserta unsur Forkopimda meninjau seluruh perlengkapan yang dimiliki BPBD, dan terakhir makam bubur bersama di dapur umum kenderaan BPBD yang sengaja memang disiapkan panitia sebelumnya.
Sementara itu Kalaksa BPBD Kabupaten Aceh Tenggara Ramadhan ST MM, saat ditemui seusai Acara Apel kepada WS menuturkan, bahwa saat ini pihaknya memiliki armada 7 unit Damkar,1 Supply, 2 Damtruk, 1 Dapur Umum, 2 unit Rescue,dan 2 unit roda dua, peralatan, tenda, perahu dan kebutuhan kebutuhan logistic ungkap Ramadhan yang bertindak selaku pemimpin upacara pada apel tersebut.
Kemudian kata Ramadhan untuk tahun 2016 ini,sudah kita usul dan sudah masuk RKA, pengadaan Damkar kecil, 2 Escapator dan 1 unit Trado,sebut Ramadhan mengakhiri(WS-02).

 Photo Wakil Bupati Aceh Tenggara H.Ali Basrah S.Pd MM(tengah Pakai Kacamata)photo bersama dengan Kalaksa BPBD Agara Ramadhan ST MM(no 3 dari Kanan)dan unsur Forkopimda dan personil BPBD seusai apel Siaga Darurat Bencana di Lapangan Jend.Ahmad Yani Kutacane Selasa(3/5), Photo Armentoni Munthe
Reaksi:

0 komentar: