gbr

Selasa, 02 Mei 2017

On 03.06 by Aceh Tenggara in    No comments
Teks Foto : Foto, saat sungai Pio mulai meluap,terlihat mulai melewati badan jalan pemukiman desa Rih Mbelang,tadimalam berhasil di rekam Pengulu kute Kute Batu I Seh Mhd Amin sekira Pukul 21,40 WIB

Lawe Alas(website) : Akibat curahan hujan yang turun cukup tinggi belakangan ini, menyebabkan sungai pio meluap dan menghantam 2 rumah warga di kawasan Desa Rih Mbelang dan Kuta Batu II Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara, Kamis malam (27/4)sekira pukul 23,30 Wib.



DAS sungai Pio tidak mampu lagi menampung debet air yang datang dari arah hulu sungai,akibat luapannya tersebut menghantam rumah Dankomeng(45)warga desa Rih Mbelang dan rumah Obos warga Desa Kuta Batu II.



Selain kedua rumah tesebut mengalami kerusakan yang cukup parah,banjir tersebut juga menyebakan sejumlah areal pertanian dan perkebunan warga rusak,karena tertimbun lumpur, bebatuan dan kayu gelondongan.



Kepala Desa Rih Mbelang Amon saat di Hubungi Jum’at pagi(28/4)mengatakan,banjir tersebut terjadi akibat curahan hujan yang cukup tinggi, menyebabkan sungai Pio meluap,dan kejadiannya sekira pukul 21,30 s/d 23,30 WIB ungkap Amon.



Selain sejumlah areal petanian (tanaman jagung)dan lahan perkebunan(kakao) rusak akibat luapan sungai tersebut juga meyebabkan pipa saluran air bersih banyak yang hilang dan rusak di desa Kuta batu I, Kuta Batu II,Desa Kuta Batu Baru dan desa kita Rih Mbelang jelas Amon.



Masih syukur dalam kejadian ini tidak sempat menelan korban jiwa, meski mengalami kerugian puluhan Rp.juta.tadi pagi pihak BPBD sudah turun kelapangan tuturnya.

Menurut informasi yang di peroleh, jum’at (28/4) selain di Kecamatan Lawe Alas, juga terjadi luapan banjir  di kecamatan Semadam, Lawe Sigala, Lawe Sumur, Lawe Bulan, Babul Ramah dan Bambel.(Ws-02).
Reaksi:

0 komentar: